cover
Contact Name
Suciati
Contact Email
psuciati@ecampus.ut.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jp-ut@ecampus.ut.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota tangerang selatan,
Banten
INDONESIA
Jurnal Pendidikan
Published by Universitas Terbuka
ISSN : 14111942     EISSN : 24433586     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, Universitas Terbuka. Jurnal ini memuat artikel yang ditulis berdasarkan hasil penelitian dan analisis konseptual mencakup berbagai dimensi pendidikan, seperti kurikulum, pembelajaran, evaluasi, manajemen, kualitas Pendidikan, dan pemanfaatan teknologi komunikasi dan informasi, dalam berbagai jenjang pendidikan dan modus penyampaian pembelajaran
Arjuna Subject : -
Articles 4 Documents
Search results for , issue "Vol. 18 No. 1 (2017)" : 4 Documents clear
PENGARUH MEDIA ANIMASI DAN SIMULASI SERTA KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA SMAN 25 KABUPATEN TANGERANG Eny Suryaningsih
Jurnal Pendidikan Vol. 18 No. 1 (2017)
Publisher : LPPM Universitas Terbuka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (903.74 KB) | DOI: 10.33830/jp.v18i1.277.2017

Abstract

This experimental research aim is to investigate the effect of technology media and self regulated learning toward students achievement. The sample in this study were 48 students of class XI majoring in natural sciences. The research hypotheses were tested using two way analysis of variance (ANOVA). The result of this study concluded that: (1) the students who learned usinganimation media has better result than students who learned using simulation media, (2) there is an interaction between technology media and self regulated learning which effects the students biology achievement, (3) students with high self regulated learning, using animation media has a better achievement than students using simulation media, and (4) students with low self regulated learning, who learn with animation media more score lower than students who learn using simulation media. The result two way variant analysis (two way of ANAVA), Fh =4,32 > Ft(0,05)(1;44) = 4,06, which means the achievement of different groups differ significantly. The result of this research can be used as consideration for teachersin using technology-based media in the light of students’ self regulated learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media teknologi, dalam pnelitian ini media animasi dan media simulasi, dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar biologi. Sampel dalam penelitian ini adalah 48siswa kelas XI IPA SMAN 25 Kab. Tangerang. Metode yang digunakan adalah metode quasi eksperimen, sedangkan desain yang digunakan adalah treatment by level 2 x 2. Hipotesis penelitian diuji dengan menggunakan analisis varians (ANAVA) 2 jalan. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: (1) hasil belajar kelompok siswa yang belajar dengan media animasi lebih tinggi daripada kelompok siswa yang belajar dengan media simulasi, (2) terdapat pengaruh interaksi antara media teknologi dengan kemandirian belajar, (3) pada kelompok siswa dengan kemandirian belajar tinggi hasil belajar pada kelompok siswa yang belajar dengan media animasi lebih tinggi daripada kelompok siswa yang belajar dengan media simulasi, dan (4) pada kelompok siswa dengan kemandirian belajar rendah, hasil belajar pada kelompok siswa yang belajar dengan media animasi lebih rendah daripada kelompok siswa yang belajar dengan media simulasi. Hasil analisis varians dua jalur (ANAVA dua jalur) diperoleh F hitung = 4,32 > dari F tabel(0,05)(1;44) = 4,06 sehingga H0 ditolak, bahwa terdapat perbedaan hasil belajar biologi siswa yang signifikan antara kelompok siswa yang belajar dengan media animasi (A1) dan kelompok siswa yang belajar dengan media simulasi (A2). Penelitian ini dapat menjadi masukan bagi guru dalam penggunaan media berbasis teknologi, dikaitkan dengan kemandirian belajar siswa, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa.
PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN BIMBINGAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA KELAS V SDN DEWI SARTIKA KECAMATAN CIPANAS KABUPATEN CIANJUR Misbahudin Misbahudin
Jurnal Pendidikan Vol. 18 No. 1 (2017)
Publisher : LPPM Universitas Terbuka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (533.347 KB) | DOI: 10.33830/jp.v18i1.279.2017

Abstract

Theaim of the study aims is to determine: (1) the influence of Learning Motivation Against the result of Science learning; (2) the influence of Parent Guidance on Learning Outcomes; (3) The influence of Parents' Learning Motivation and Guidance simultaneously to the Science Learning Outcomes.The research method used in this study was correlational research. This research was conducted from February 2017 until June 2017. The population is all students of the SDN Dewi Sartika, Cipanas District, Cianjur Regency. The purposive sampling method was used in this study. that is class V SDN Dewi Sartika which need 95 people. Based on the significance level of 5% it was found that: 1) there is a significant correlation between learning motivation and the learning outcome of sience learning because it obtained that r count > r table that is 2,786 > 1,660 (ρ = 0,05); 2) there is significant correlation between parent guidance with the result of the sciece learning because the result of r count > rtabel that is 4,603 > 3,09 (ρ = 0,05; 3) there is significant correlation between learning motivation and parental guidance together with the learning outcome of science learning with the value of Fcount> from F table that is 45,680 > 3,09. It is concluded that the students who have high motivation to learn and frequent guidance from thei parents will have high learning outcomes. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar IPA; (2) pengaruh Bimbingan Orang Tua terhadap Hasil Belajar Belajar; (3) pengaruh Motivasi Belajar dan Bimbingan Orang Tua secara bersama-sama terhadap Hasil Belajar IPA.Metode yang digunakan dalam penelitian ini penelitian korelasional. Penelitian ini dilaksanakan mulai bulan Pebruari 2017 sampai dengan bulan Juni 2017. Populasi adalah seluruh siswa SDN Dewi Sartika Kecamatan Cipanas Kabupaten Cianjur. Sampelyang digunakan adalah purposive sampling yaitu kelas V SDN Dewi Sartika yang berjumlah 95 orang. Berdasarkan taraf signifikansi 5% diperoleh: 1) ada hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar IPA karena diperoleh rhitung>rtabel yaitu 2,786 > 1,660 (ρ= 0,05); 2) ada hubungan yang signifikan antara bimbingan orang tua dengan hasil belajar IPA karena diperoleh rhitung > rtabel yaitu 4,603 > 3,09 (ρ= 0,05); 3) ada hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dan bimbingan orang tua secara bersama-sama dengan hasil belajar IPA dengan nilai Fhitung > dari F tabel yaitu 45,680 > 3,09. Kesimpulannya adalah bahwa siswa yang mempunyai motivasi belajar dan bimbingan orang tua yang tinggi mempunyai hasil belajar yang tinggi.
EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT-BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA POKOK BAHASAN FLUIDA Muh. Fatkhul Ma’arij
Jurnal Pendidikan Vol. 18 No. 1 (2017)
Publisher : LPPM Universitas Terbuka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (971.605 KB) | DOI: 10.33830/jp.v18i1.280.2017

Abstract

The purpose of this study is to obtain information about learning through the ability of inquiry in tracing how scientists discover fluid laws, and how to avoid misconception in understanding the law of Archimedes in particular and fluid in general. This research was conducted in class XI IPA SMA N 11 Kabupaten Tangerang by integrating project Based Learning Model (PjBL), and the topic is about fluid. The competence measured includes analyzing the relationship of laws in static and dynamic fluids, and their application in everyday life. The results showed, there is an increase in the understanding of learners in learning Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi tentang hasil belajaryang diperoleh peserta didik melalui kemampuan inkuiri dalam menelusuri bagaimana ilmuwan menemukan hukum-hukum fluida. Sehingga tidak terjadi miskonsepsi dalam memahami hukum Archimedes pada khususnya dan fluida pada umumnya. Penelitian ini dilakukan di kelas XI IPA SMA N 11 Kabupaten Tangerang dengan mengintegrasikan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dengan pokok bahasan fluida, berorientasi pada kompetensi dasar: menganalisis hubungan hukum-hukum dalam fluida statis dan fluida dinamis serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Hasil penelitian menunjukkan, terdapat peningkatan pemahaman peserta didik dalam mempelajari fluida.
DAMPAK PENGGUNAAN TIK TERHADAP PERILAKU ANAK USIA DINI: STUDI KASUS PADA ANAK USIA 4-7 TAHUN Sri Tatminingsih
Jurnal Pendidikan Vol. 18 No. 1 (2017)
Publisher : LPPM Universitas Terbuka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (512.478 KB) | DOI: 10.33830/jp.v18i1.281.2017

Abstract

This study aims to determine the impact of the use of gadgets by early childhood. This is a case study employing descriptive qualitative method. Data was collected by means of interviewing parents and observing children's behavior. The source of data is two mothers with 4 children aged 4 to 7 years. The results showed that the use of information and communication technology, in the forms of Ipad and mobile phones can have a positive as well as negative impact on the children’s behavior. When playing a gadget, children tend to play intensively and with a high frequency. It is interesting to note that at an early age the children already have the skills to use gadget features, and they can concentrate on the game for quite a long time. Another positive impact is the improved ability of conversational English by children, due to frequent exposure to many English programs. The negative impacts are the tendency of children to be selfish when sharing gadgets with other children, and tendency to delay their routine obligations. Parents needs to control the use of gadgets by children so that it brings more positive impacts than negative consequences. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak yang ditimbulkan pada penggunaan gadget oleh anak usia dini. Penelitian ini merupakan studi kasusdengan metode kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara terhadap orang tua dan observasi perilaku anak. Sumber data adalah 2 orang ibu dengan 4 anak usia 4-7 tahun. Waktu penelitian selama 2 Minggu, yaitu tanggal 7-20 Mei 2017. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Setiap anak, rata-rata bermain gadget(Ipad dan/atau telepon genggam) selama 5-6 jam/hari yang dilakukan setelah pulang sekolah hingga waktu tidur; 2) Orangtua melarang lunak, dalam arti melarang tapi ketika anak merengek maka akan diijinkan; 3) Anak memiliki pengetahuan dan keterampilan yang baik dalam menggunakan fitur-fitur gadget; 4) Anak dapat berbahasa Inggris terutama dalam percakapan; 5) Anak cenderung tenang dan diam selama bermain gadget sendiri; 6) Anak cenderung rebut dan sulit mengalah saat bermain gadget bersama; 7) Anak cenderung menunda kewajiban rutinnya, seperti makan, mandi, tidur, belajar ketika sudah bermain gadget; 8) Anak cenderung tidak peduli dengan situasi di sekitarnya dan asyik sendiri; 9) Anak tidak suka jika diajak kegiatan di luar rumah dan selalu ingin cepat pulang agar bisa segera bermain gadget. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi khususnya Ipad dan telepon genggam dapat berdampak positif dan negatif bagi perilaku anak usia dini. Rekomendai yang dapat disampaikan adalah sebaiknya orang tua benar-benar mengontrol penggunaan gadget pada anak agar dampak positifnya lebih banyak dibanding dampak negatifnya.

Page 1 of 1 | Total Record : 4